Connect with us

Ragam

Presiden Pimpin Upacara HUT TNI, Gubernur Maluku dan Forkopimda Mengikuti Secara Virtual

Published

on

AMBON,- Presiden Republik Indonesia Joko Widodo memimpin langsung upacara peringatan HUT TNI ke-75 yang digelar di Istana Negara, Jakarta, Senin (5/10/2020).

Upacara ini diikuti secara virtual oleh Gubernur Maluku Murad Ismail beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Maluku yang berlangsung di Markas Kodam XVI/Pattimura.

Peringatan HUT TNI yang tahun ini mengusung tema “Sinergi Untuk Negeri” berjalan dengan khidmat dan lancar.

Mengawali amanatnya, Presiden menyampaikan ucapan selamat memperingati hari ulang tahun kepada seluruh jajaran dan keluarga besar TNI.

“Atas nama rakyat, bangsa dan negara, saya menyampaikan selamat HUT TNI ke-75. HUT ini bukan hanya dirayakan oleh anggota dan keluarga besar TNI, tetapi juga oleh seluruh rakyat Indonesia,” kata Presiden.

Dikatakannya, perjalanan panjang TNI sejak Kemerdekaan RI, hingga saat ini menunjukan TNI adalah garda depan dan penjaga utama kedaulatan negara, penjaga keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, serta melindungi bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan bangsa dan negara.

“Kontribusi TNI untuk bangsa dan negara ini, bukan hanya melalui operasi militer untuk perang, tetapi juga melalui operasi militer selain perang, yang dengan sigap membantu rakyat yang sedang menghadapi bencana alam termasuk menghadapi pandemi Covid-19,” ungkap Presiden.

Sebagai panglima tertinggi TNI, Presiden menaruh harapan besar dan selalu mendukung transformasi terhadap penguatan TNI.

“Saya sering katakan di berbagai kesempatan bahwa dunia berubah sangat cepat dan bergerak sangat dinamis. Transformasi organisasi TNI harus terus dilakukan sesuai dinamika lingkungan strategis, sesuai dengan dinamika ancaman, dan sesuai perkembangan teknologi militer,” kata Presiden.

Presiden menyebutkan, sejak awal reformasi telah banyak transformasi organisasi TNI yang dilakukan. TNI telah melakukan transformasi organisasi secara signifikan, dengan melakukan pembentukan satuan-satuan organisasi yang baru.

“Kita telah bentuk organisasi tempur baru, seperti Divisi III Kostrad, Komando Operasi III AU, Armada III AL, dan pasukan Marinir ke-III. Kita telah bentuk kekuatan gabungan TNI, terutama tiga komando gabungan wilayah pertahanan dan III Skuadron AU dan satuan Siber TNI,” kata Presiden.

Pembentukan satuan-satuan organisasi baru ini, sebut Presiden, merupakan bentuk komitmen pemerintah untuk terus melakukan transformasi organisasi TNI agar TNI semakin kokoh dalam menjalankan perannya, termasuk transformasi teknologi para personil yang mengendalikannya.

Pada kesempatan itu, Presiden menyampaikan rasa syukur bahwa telah tertanam kuat karakter pejuang dalam diri para prajurit TNI.

“Karakter pejuang ini, harus terus melekat dan terlembaga dalam pengabdian prajurit TNI dimanapun berada. Karakter pejuang yang selalu siap bersinergi untuk bekerja sama, bahu-membahu dengan elemen bangsa, sinergi antar Korps, antar Matra, antar instansi, serta antar TNI dan Polri, karena sinergi adalah kunci untuk membangun kekuatan pertahanan yang semakin kokoh dan efektif,” imbau Presiden.

Sementara itu, seusai mengikuti upacara peringatan HUT TNI, pihak Kodam XVI/Pattimura menggelar acara Syukuran HUT TNI. Acara digelar secara sederhana, disertai pemotongan nasi tumpeng oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman didampingi Gubernur Maluku Murad Ismail, dan Forkopimda Maluku. (AN-01)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *